About

Senin, 14 Maret 2016

SINETRON MERUSAK GENERASI BANGSA

Pada jaman modern dan global yang semakin maju, masyarakat mampu menikmati sinetron di mana saja, entah itu di televise, youtube maupun media oneline lainnya. Para pembuat sinetronpun berlomba-lomba dalam menghasilkan sebuah karyanya yaitu sinetron yang akan menarik perhatian sejuta masyarakat, hamper semua chanel televise mentayangkan sinetron-sinetron yang berdampak pada watak generasi bangsa ini. Hampir semua tingkah laku, gaya fashion, dan watak dalam sinetron di ikuti oleh semua orang, tidak mengenal umur. Sinetron-sinetron yang di hasilkannya kebanyakan menceritakan karakter percintaan, horror, konflik, dan seks. Dalam tayangan sinetron di televise yang paling di rugikan adalah anak-anak yang belum mampu membedakan yang mana yang harus di ikuti dan yang di patut di ikuti. Dampak buruknya bagi para pelajar terganggunya waktu belajar, waktu yang seharusnya di gunakan untuk belajar malah di gumakan untuk menonton sinetron yang tidak bermanfaat, yang mempengaruhi otak dan watak seseorang yang di tirunya dalam suatu adegan sinetron. 
Sinetron merupakan Sinetron merupakan suatu jenis tayangan sinema elektronik yang berisi tentang cerita fiktif, yang kebanyakan saat ini mengangkat tema percintaan, seks, horor, kekerasan, dan konflik. Sinetron-sinetron semacam ini sering memperagakan gaya hidup yang cenderung penuh gengsi dan bentuk kehidupan yang jauh dari realita, kehidupan pelajar sehari-harinya.
Cirri-ciri sinetron yang tidak patut di contohi oleh para palajar maupun masyarakat adalah adanya penindasan antara orang kaya kepada orang miskin, peran antagonis yang berlebihan tidak sesuai dengan kehidupan sehari-hari, perkelahian pelajar secara berkelompok, tawuran antara pelajar, cerita percintaan yang terlalu dramatis, dan cerita yang melawan orang tua.
Contoh-contoh sinetron yang tidak boleh ditiru :
1.   Tukang bubur naik haji, yang menceritakan tukang bubur naik ingin naik haji yang bernama Sulam, dan musuhnya yang berbnama H.Muhidin yang ria’.
2.   Anak jalanan, menceritakan anak SMA yang bergeng motor yaitu dengan peran yang bernama Haikal adalah ketua genk motor anak jalanan dan Alex adalah ketua genk motor black cobra.

Dampak negative sinetron bagi pelajar kurangnya waktu belajar sebab rutin menonton sinetron,waktu yang seharusnya untuk belajar digunakan menonton sinetron, merusak   budaya dan  moral generasi muda bangsa Indonesia dan watak pelajar, sebab dalam cerita sinetron yang kurang baik, mengeluarkan kata-kata kasar, hidup yang penuh dengan kemewahan, berlaku tidak sopan terhadap orang tua (melawan), dan kisah percintaan tidak sewajarnya, memiliki sifat sombong, pamer, dan suka berangan, bolos sekolah, yang seharusnya untuk belajar di sekolah digunakan untuk nongkrongan sama teman-teman sambil nonton sinetron, berbohong pada orang tua dan orang lain, dan perkelahian antara pelajar. Dampak positif sinetron bagi pelajar berbuat baik kepada siapapun, dan nurut pada orang tua.
Solusinya, pemerintah harus berperan maksimal dalam mengatasi hal ini, mengontrol tayangan sinetron di televise yang membawa pangaruh negative separti merusak moral pelajar dan menghancurkan pemuda generasi bangsa ini. Membatasi acara-acara yang tidak bermanfaat bagi para pelajar. Peran orang tua haruslah tegas dalam hal ini, mengawasi dan membatasi putra-putrinya untuk menonton sinetron yang tidak bermanfaat. Para  pelajar harus memiliki kesadaran pribadi untuk memilih tontonan yang bermanfaat dan  pandai mengatur waktu belajar.







0 komentar:

Posting Komentar