About

Selasa, 15 Maret 2016

"pergaulan mempengaruhi karakter"

Pergaulan merupakan jalinan hubungan sosial antara seseorang dengan orang lain yang berlangsung dalam jangka relatif lama sehingga terjadi saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Pergaulan merupakan kelanjutan dari proses interaksi sosial yang terjalin antara individu dalam lingkungan sosialnya. Kuat lemahnya suatu interaksi sosial mempengaruhi erat tidaknya pergaulan yang terjalin. Seorang anak yang selalu bertemu dan berinteraksi dengan orang lain dalam jangka waktu relatif lama akan membentuk pergaulan yang lebih. Beda dengan orang yang hanya sesekali bertemu atau hanya melakukan interaksi sosial secara tidak langsung. Karakter  adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Dalam pergaulan kita mendapatkan dua pelajaran ada pelajaran yang positif maupun negatif. Pergaulan itu mempengaruhi karakter seseorang, jika sewaktu kecil anak tersebut di didik oleh orang tuanya dengan baik dan anak tersebut menyikuti apa yang di perintah oleh orang tuanya, seperti di suruh belajar, anak tersebut belajar. Tetapi bila anak tersebut sudah mengenal lingkungan di luar lingkungan keluarga, seperti lingkungan sekolah dan social. Maka anak tersebut tidak menurut lagi kepada orang tuanya, karena dia mengenal teman-temannya. Contohnya, jika orang tuanya menyuruh untuk belajar, di waktu yang sama datanglah teman-temannya untuk mengajaknya nonton atupun bermain, maka anak tersebut lebih memilih pergi nonton dengan teman-temannya, dari pada mengikuti perintah orang tuanya. Maka dari itu tugas orang tua haruslah mengontrol dan membatasi anaknya dengan siapa anaknya berteman dan bergaul. Karena pergaulan sangatlah mempengaruhi karakter seseorang.  
Pergaulan itu sangatlah penting juga bagi perkembangan anak tersebut. Bila anak sudah memasuki lingkungan pendidikan atau sekolah, maka orang tua harus memilih sekolah yang disiplin, agar karakter anak tersebut disiplin dalam segala hal. Pergaulan yang positif akan membawa hal yang positif dan membentuk karakter anak yang positif, sebaliknya jika pergaulannya negatif maka karakter anak tersebut negatif, jadi karakter seseorang itu di pengaruhi oleh pergaulan.
Pada jaman sekarang yang semakin modern ini, banyak sekali kita lihat para pelajar generasi bangsa ini, salah bergaul bahkan melakukan pergaulan bebas yang seharusnya tidak di lakukan oeh usia pelajar. Pelajar melakukan pergaulan-pergaulan yang salah, di karenakan kurangnya perhatian orang tua dalam mendidik dan mengontrol dengan siapa anaknya bergaul. Pelajar melakukan pergaulan yang salah bukan hanya di karenakan lingkungannya tetapi pelajar atau anak tersebut, ingin perhatian dari orang tua, karena orang tua hanya sibuk dengan pekerjaannya.
Saran saya bagi orang tua yang memiliki anak yang pergaulannaya salah, misalnya anak melakukan minum-minuman keras, membatah perkataan orang tua dan pergaulan bebas. Orang tua harus mendekati anak tersebut dengan secara pribadi, karena karakter anak itu bukan saja di pengaruhi oleh lingkungan akan tetapi juga kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya, bukan hanya materi yang di inginkan oleh anak, juga perhatian dari orang tua. Karena perhatian orang tua juga sangatlah berharga dan mempengaruhi karakter anak.

Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Pergaulan

1 komentar:

  1. youtube2 - Youtube2.cc
    youtube2, YouTube2, youtube3, youtube 4, youtube 5, youtube 6, youtube best youtube to mp3 converter 7, youtube 8, youtube 9, youtube 10, youtube 11, youtube 12. youtube 13. youtube 14. youtube 16. youtube 17. youtube 18. youtube 19. youtube

    BalasHapus